Udah lama ga nulis, ada berita apa ya... seminggu kemaren
suntuk banget target ga nyampe, panas kepanasan, ujan keujanan, di marahin
outlet... ah sempurna banget nih
penderitaan, tapi well masih ada yang
bikin bahagia di akhir pekan, ya akhir pekan kemaren saya sempetin pulang
kampung untuk menemui si doi yang lagi cemberut aja, bener2 butuh perjuangan
buat sampe lampung barat, udah kayak lagu rasanya.. jangankan badai lautanpun
kan ku seberangi, tapi kemaren beneran badai
sepanjang jalan, dingin menusuk
tulang, tangan rasanya dingin banget tapi hati jauh lebih dingin, dingin banget
sampai membeku menusuk hingga rasa yang entahlah susah di mengerti, ya ginilah
kalo kerja, rencana mau pulang cepet, karena masih ada kerjaan yang belum
selesai alhasil jadi sore menjelang petang nyampe lampung barat. Tapi
alhamdulilah syukur sampe di lampung
barat saya dapat senyuman manis dan dapet kata maaf bahkan sebaliknya dia yang
minta maaf. Ahh begitu menyenangkan.
Loh tapi ko ceritnya ga sesuai judul,, sengaja !!! biar
muter2 (awas puyeng). Oke alasan satu-satunya kemaren saya pulang jadi
terlambat itu karena ada produk lounching yang di sampaikan oleh HO Kalbe dari
jakarta tapi saya lupa namanya. Hari sabtu tanggal 8 kemaren rencana kepulangan
berubah (kenapa ada produk lounching sih),
dalam dunia bisnis produk sangatlah penting, produk-produk yang saat ini
ada di pasaran baik produk barang dan jasa pada tahap awalnya merupakan produk
baru yang sebelumnya belum di kenal . Eksistensi suatu produk yang ada saat ini
harus mempunyai nilai yang setara atau lebih dibandingkan dengan nilai rupiah
yang di berikan konsumen untuk mengmbil manfaat dari produk tersebut.
dan ini dia produknya:
Kalbe yang meluncurkan cerebrofort
marine gummy. Melihat dari pasar gummy yang menjanjikan yang telah di mainkan
oleh soho dengan fitkom gummy selain itu ada scot dan pemain yang bermain
disamudera biru yaitu kombi yang merupakan pasar pertama di gummy, setiap gummy
juga memberikan nilai lebih yang berbeda mulai dari penambah nutrisi, pemunuhan
vitamin dan suplemen, cerebrofort marine gummy sendiri menganggap dirinya gummy
yang mencerdaskan otak.
Dalam istilah marketing tentu saja kita sering mengenal
istilah bauran pemasaran atau sering di kenal dengan 4 p, yaitu product,
promotion, place, price. Untuk product
sendiri cerebrofort marine gummy mengemban konsep gummy yang bermanfaat bagi
otak. Produknya sendiri terbuat dari minyak ikan tuna ynag mengandung AHA, DHA dan EPA yang sangat baik untuk
kesehatan otak anak dan membantu merangsang pertumbuhan otak (berasa ngomong
kayak iklan). Untuk Promotionnya sendiri kalbe yang merupakan
salah satu perusahaan besar di bidang farmasi tentu saja akan lebih jor-joran
dalam melakukan promosi mulai dari tv, branding, event dan lain sebagainya
untuk iklan sendiri sebaiknya di lakukan di hari libur karena cenderung anak2
dapat melihat iklan tersebut atau target keduanya ibu-ibu yang mempunyai anak2.
Misal iklan pada saat prime time atau di selingan acara gosip. Melalui
majalahpun tentu saja akan sangat menarik minat ibu atau melalui majalah anak
untuk menarik minat anak. Dalam menentukan harga perusahaan Kalbe memberikan
harga yang paling murah di kelasnya namun juga memberikan harga yang paling
mahal. range harga yang unik karena mempunya range harga dari yang paling murah
sampai yang paling mahal, untuk hrga sendiri saya acungi jempol untuk
strateginya
Berikutnya adalah place untuk place sendiri chain store dan
apotik menjadi tempat berikutnya untuk menjanjakan produk tersebut adanya promosi yang terus kontinya dan
kemampuan distribusi yang merata di harapkan mampu membuat permintaan yang
terus menerus. Dalam dunia sales tentu saja tidak asing lagi dengan istilah
outlet vareto dan ritel. Outlet vareto adalah outlet yang melakukan pembelian
dalam jumlah besar outlet vareto ini biasanya outlet yang juga ikut dalam
medistribusikan barang dan terkadang menjadi kompetitor di wilayah penjualan perushaan distributor
resmi yang sama namun hal tersebut
menjadi sangat baik karena produk bisa menyebar m erata, untuk mendapatkan pemintaan
besar dari vareto tentu saja butuh kerja keras perusahaan distribusi untuk
menyebarkan keoutlet retail dan pastinya adanya promosi yang membuat produk
tersbut dapat di kenal dan dapat menciptakan permintaan. Dan harus selalu di
ingat adalah: untuk pemnciptakan
permintaan besar maka di butuhkan permintaan kecil yang sangat banyak jumlahnya.
Dengan produk yang baik, promosi yang baik dan harga yang
kompetitiv dan jaringan distribusi yang baik tentu saja lounching yang di
lakukan di harapkan dapat memberikan sukses seperti halnya sukses laounching extra joss yang
sukses pada tahun 2000 an atau sakatonik abc yang cukup sukses di pasaran.
Namun pada akhirnya keputusan konsumenlah yang menentukan kesuksesan suatu
produk bisa berhasil atau tidaknya. Hampir kebanyakan produk yang sukses
lounching akan dapat memberikat tempat di hati masyarakat, dan mudah2n apa yang
direncanakan bisa sesuai dengan rancana yang di lakukan perusahaan.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar